Selamat Datang di Blog dsetianingsih.blogspot.com

Semoga apa yang saya posttingkan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya,,, :)

Jumat, 10 Februari 2012

Filsafat Ilmu

Mengerti Berarti Memaafkan Segalanya
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya yang hidup di bumi ini. Manusia adalah makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendirian. Manusia adalah makhluk yang tak lepas dari dosa. Kita pasti pernah berbuat salah, entah pada Tuhan, pada orang lain, maupun terhadap makhluk hidup lain dan orang lain, termasuk orang-orang yang paling dekat dan paling kita cintai, pasti cepat atau lambat akan berbuat salah pada kita.
Manusia tidak akan lepas dari kesalahan, dan jika Manusia tidak bisa memaafkan suatu kesalahan berarti ia belum memahami bagaimana hidup menjadi manusia yang seutuhnya. Mengerti berarti memaafkan segalanya, memaafkan berarti kita memberikan kesempatan kepada orang lain yang berbuat salah untuk memperbaiki kesalahannya, namun terkadang kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dapat disalahartikan dan dimaknai sebagai kesempatan untuk mengulangi kesalahan yang sama. Mengulangi kesalahan akan menjadi sebuah kebiasaan.
Misalnya dalam sebuah hubungan X dan Y, ada kalanya Y merasa jenuh dengan sikap X yang selalu cemburu. Dalam keadaan yang seperti itu Y mencari kesenangan lain, ia mencintai yang lainnya. Setelah X tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan Y, X begitu kecewa, ia tak terima dengan perlaakuan Y di belakang X. namun Y sadar bahwa X adalah pilihan hidupnya, Y merasa bersalah telah berkhianat, ia meminta maaf kepada X dan berjaji tidak akan mengulanginya lagi. Karena kasih sayang dan cinta yang ada di dalam hati X dan kesadar bahwa sikapnya yang overprotektif sehingga dalam hati X berkata Y melakukan kesalahan itu bukan sepenuhnya kesalahan Y, ia memaafkan Y dengan harapan Y dapat berubah dan hanya akan mencintai X.
Dari ilustrasi diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa dalam setiap permasalahan, pahamilah apa yang menyebabkan permasalahan itu terjadi, kita sebagai manusia harus dapat memaafkan kesalahan orang lain meskipun itu sangat menyakiti hati kita. Saat memaafkan berarti kita terbebas dari dendam, sakit hati, kepedihan, terbebas dari siksaan-siksaan lainnya akibat ketidakrelaan memaafkan. Dan manusia berhak mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. Manusia tidak pernah diajarkan untuk menyimpan perasaan dendam, maka maafkanlah dan serahkanlah segala masalah kepada Tuhan dan kita sebagai manusia hanya dapat bersabar.
Jadi mengerti berarti memaafkan, memberi kesempatan, dan menerima kesalahan itu, dengan mengerti, kita bisa membantu orang memperbaiki kesalahan dan menjadi lebih baik. Dengan mengerti pula, kesalahan yang diulang dan menjadi kebiasaan itu, akan membuat kita senantiasa bersabar dan akan selalu memberi kesempatan untuk setiap kesalahan agar bisa diperbaiki hingga ia benar-benar berubah menjadi manusia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar