Selamat Datang di Blog dsetianingsih.blogspot.com

Semoga apa yang saya posttingkan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya,,, :)

Rabu, 01 Februari 2012

Tugas 1 Strategi Pembelajaran


Salatiga, 11 Januari 2012
Nama   : Dewi Setianingsih
Nim     : 292010082
Kelas   : RS10C
Strategi dan Pembelajaran
Ilustrasi : Pada saat saya masih duduk di bangku sekolah menengah setiap akan menghadapi ulangan atau tes semester, saya berpikir untuk menyusun strategi belajar, strategi belajar yang bagaimana agar saya bisa mendapatkan hasil yang terbaik sesuai dengan kemampuan dan usaha saya.
Dari ilustrasi diatas saya berpendapat, strategi itu dapat di artikan cara, taktik, metode, yang digunakan untuk mencapai tujuan tertantu dengan hasil yang maksimal. Sedangkan pembelajaran dapat diartikan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dengan siswanya atau pendidik dengan peserta didik di lingkungan sekolah, kelas atau dimana saja.
Jadi menurut saya Strategi Pembelajaran dapat diartikan suatu cara, taktik atau metode yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran/ mengajar sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai, yaitu siswa mampu menyerap atau menerima ilmu yang telah disampaikan oleh pendidik/guru.
Selama duduk di bangku sekolah saya sudah banyak menemui guru dengan karakteristik mengajar yang berbeda-beda, seorang guru dalam mengajar perlu memperhatikan dan memahami karakteristik kemampuan siswanya (ada yang kinestetik, visual, audiotori), sehingga pendidik/guru dapat menggunakan metode yang tepat dalam mengajar dan siswanya pun juga mudah memahami apa yang telah disampaikan oleh gurunya.
Siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh gurunya dengan metode yang melibatkan siswa aktif, seperti metode eksperimen. Contohnya dalam pelajaran IPA Biologi, pada bab sel tumuhan dan hewan, sebelum guru masuk dalam materi, siswa diajak untuk mengamati struktur sel tumbuhan menggunakan mikroskop kemudian menggambar sel yang terlihat. Dalam proses menggambar guru akan menjelaskan bagian-bagian sel pada tumbuhan tersebut. Dengan begitu bagi siswa yang audiotori(cara belajar mendengar), visual (cara belajar melihat), kinestetik (cara belajar dengan menggerakan anggota tubuh) atau pun yang visual audiotori dan kinestik dapat menerima pembelajaran dengan baik. Menurut saya kelebihan metode eksperimen atau prektikum, siswa tidak hanya dapat mengingat pada saat praktikum saja namun akan membekas pada ingatan mereka karena mereka pernah melakukan / mengamati langsung.
Pada pelajaran matematika SD tentang bangun ruang, guru memperlihatkan bangun ruang kubus namun sisi-sisinya dapat dibuka, tujuannya agar siswa dapat membuat bangun ruang (kubus) dengan melihat bentuk jaring-jaring kubus dengan menjelaskan jumlah sisi pada kubus. Setelah siswa dapat membuat kubus sendiri guru akan menjelaskan luas alas, luas permukaan dan volume. Guru yang kreatif dan dapat membuat suasana kelas menjadi nyaman, menyenangkan, serta mengajar menggunakan metode yang melibatkan siswa aktif sehingga siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh gurunya maka tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar