Selamat Datang di Blog dsetianingsih.blogspot.com

Semoga apa yang saya posttingkan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya,,, :)

Senin, 30 Januari 2012

Tugas 2 Strategi Pembelajaran


Nama   : Dewi Setianingsih
Nim      : 292010082
Kelas   : RS10C

Pengertian Pendekatan, Strategi, Teknik, Taktik, Model Pembelajaran
A.     Pendekatan
Pendekatan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung (direct instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan, pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif (Sanjaya, 2008:127).

B.     Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didisain/dirancang berguna untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

C.     Metode
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana (strategi) yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran atau metode adalah prosedur pembelajaran yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

D.     Teknik Pembelajaran
Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan kondisi kelas yang jumlahnya sedikit. Penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam menggunakan metode yang sama.

E.      Taktik Pembelajaran
Taktik adalah merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat dua guru sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi, sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of humor, tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu. Dalam gaya pembelajaran akan tampak keunikan atau kekhasandari masing-masing guru, sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan tipe kepribadian dari guruyang bersangkutan.

F.      Model Pembelajaran
Pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.

Jadi, Dengan kata lain, strategi pembelajaran mempunyai arti yang lebih luas daripada metode dan teknik. Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi pembelajaran. Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif, nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.

5 komentar:

  1. kamu cuma buat itu wik apa mau ditambah lagi??

    BalasHapus
  2. itu hanya bahan untuk pengertian" tugas 2
    yang buat bab 1-4 blum sempat nulis kan ada kuliah
    :)

    BalasHapus
  3. bagus...bagus...
    ini dari pengertian dari kata sendiri apa dari kata orang lain atau mungkin buku...??hehe....

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. trimakasii RS10E,,
      yg bagus blognya apa isinya niich?
      hehehe
      semoga bermanfaat yaa

      Hapus