Nama : Dewi Setianingsih
Nim : 292010082
Kelas : RS10C
Pengertian Pendekatan, Strategi, Teknik, Taktik, Model
Pembelajaran
A. Pendekatan
Pendekatan sebagai titik tolak atau sudut
pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya
suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi,
menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan
teoretis tertentu. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi
pembelajaran langsung (direct
instruction), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Sedangkan,
pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa menurunkan strategi
pembelajaran discovery dan
inkuiri serta strategi pembelajaran induktif (Sanjaya, 2008:127).
B. Strategi
Pembelajaran
Strategi pembelajaran dapat
diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang
didisain/dirancang berguna untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi
digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan
pembelajaran.
C. Metode
Metode adalah cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana (strategi) yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan
nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran atau metode adalah prosedur
pembelajaran yang difokuskan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
D. Teknik
Pembelajaran
Teknik adalah cara yang dilakukan
seseorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.
Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif
banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda
dengan kondisi kelas yang jumlahnya sedikit. Penggunaan metode diskusi, perlu
digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan
kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat
berganti-ganti teknik meskipun dalam menggunakan metode yang sama.
E.
Taktik Pembelajaran
Taktik adalah merupakan gaya seseorang
dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.
Misalkan, terdapat dua guru sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi
mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya,
yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki
sense of humor yang tinggi, sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense
of humor, tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia
memang sangat menguasai bidang itu. Dalam gaya pembelajaran akan tampak
keunikan atau kekhasandari masing-masing guru, sesuai dengan kemampuan,
pengalaman dan tipe kepribadian dari guruyang bersangkutan.
F. Model
Pembelajaran
Pada dasarnya merupakan bentuk
pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas
oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai
dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Jadi, Dengan kata lain, strategi
pembelajaran mempunyai arti yang lebih luas daripada metode dan teknik.
Artinya, metode/prosedur dan teknik pembelajaran merupakan bagian dari strategi
pembelajaran. Dari metode, teknik pembelajaran diturunkan secara aplikatif,
nyata, dan praktis di kelas saat pembelajaran berlangsung.
kamu cuma buat itu wik apa mau ditambah lagi??
BalasHapusitu hanya bahan untuk pengertian" tugas 2
BalasHapusyang buat bab 1-4 blum sempat nulis kan ada kuliah
:)
bagus...bagus...
BalasHapusini dari pengertian dari kata sendiri apa dari kata orang lain atau mungkin buku...??hehe....
tiba - tiba menemukan blog yang bagus
BalasHapustrimakasii RS10E,,
Hapusyg bagus blognya apa isinya niich?
hehehe
semoga bermanfaat yaa