Selamat Datang di Blog dsetianingsih.blogspot.com

Semoga apa yang saya posttingkan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya,,, :)

Selasa, 28 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


TUGAS STRATEGI PEMBELAJARAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Disusun Oleh :
1.      Suharlim                    292010064
2.      Riana Nugraeni         292010067
3.      Duta Dwi Sejati         292010074
4.      Aulia Rizqika R         292010068
5.      Dewi Setianingsih      292010082
6.      Noviasih                     292010089

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung
Mata Pelajaran                        :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester                      :  VI / II
Materi Pokok                          : Cuaca dan Iklim
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit

MODEL PEMBELAJARAN
Ø  Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning).
Ø  Take and Give ( Memberi dan Menerima ).
PENDEKATAN
Ø  Pendekatan konstektual.
STRATEGI
Ø  Strategi pembelajaran deduktif.
METODE
Ø  Lightening the learning climate (mengurangi suasana belajar formal).
Ø  Question students have (pertanyaan siswa).

Standar Kompetensi               :  2. Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca atau iklim di
 wilayah Indonesia.
Kompetensi Dasar                   :  2.3. Menjelaskan perubahan cuaca atau iklim dan
dampaknya terhadap aktivitas manusia
Indikator                                : 2.3.1  Mengidentifikasi ciri dan sifat cuaca atau iklim di
 wilayah Indonesia.
   2.3.2 Menjelaskan perubahan cuaca atau iklim dan
dampaknya terhadap aktivitas manusia
I.              TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca atau iklim di wilayah Indonesia, siswa dapat menyebutkan ciri dan sifat cuaca atau iklim di wilayah Indonesia.
2.      Setelah melakukan diskusi kelompok tentang perubahan cuaca atau iklim, siswa dapat menjelaskan dampak perubahan cuaca atau iklim terhadap aktivitas manusia.

II.           MATERI PEMBELAJARAN
Cuaca dan Iklim di Indonesia

Cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu. Sedangkan iklim adalah keadaan rata-rata cuaca di suatu wilayah yanh luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu lama.

Perbedaan Cuaca dan Iklim
No.
Pembeda
Cuaca
Iklim
1.
Jangka waktu
Pendek (hari/jam)
Panjang hingga ratusan tahun
2.
Daerah cakupan
Daerah cakupannya sempit
Daerah cakupannya luas
3.
Perubahan
Sering berubah-ubah secara cepat
Sangat jarang terjadi perubahan

     Cuaca dan iklim tergantung pada kondisi geografis. Indonesia terletak di sekitar garis Katulistiwa, maka Indonesia beriklim tropis. Unsur-unsur cuaca yang sering diamati dan diukur yaitu :
1.      Suhu udara atau temperatur adalah panas dan dinginnya udara. Suhu udara diukur dengan termometer. Rata-rata suhu udara di Indonesia tinggi, yaitu 28ºC. Suhu udara paling tinggi mencapai 34ºC dan terjadi pada pukul 15.00. Suhu udara paling rendah sekitar 23ºC terjadi pada pukul 06.00.
2.      Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang dikandung udara. Karena Indonesia memiliki wilayah perairan yang cukup luas, maka kelembaban udara di Indonesia selalu tinggi.
3.      Angin adalah udara yang bergerak. Udara bergerak dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah. Alat untuk mengukur kecepatan dan arah angin adalah anemometer. Angin biasanya diberi nama sesuai dengan arah datangnya, seperti angin timur dan angin barat.
Jenis-Jenis Angin di Indonesia
a.      Angin Laut (Angin Siang)
Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat yang umumnya terjadi pada siang hari dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Angin ini biasa dimanfaatkan para nelayan untuk pulang dari menangkap ikan di laut.
b.      Angin Darat (Angin Malam)
Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat ke arah laut yang umumnya terjadi pada saat malam hari dari jam 20.00 sampai dengan jam 06.00. Angin jenis ini bermanfaat bagi para nelayan untuk berangkat mencari ikan dengan perahu bertenaga angin sederhana demi sesuap nasi.

c.       Angin Gunung (Angin Malam)
Angin gunung adalah angin yang bertiup dari puncak gunung ke lembah gunung yang terjadi pada malam hari.


d.      Angin Lembah (Angin Siang)
Angin lembah adalah angin yang bertiup dari arah lembah ke arah puncak gunung yang biasa terjadi pada siang hari.


e. Angin Fohn (Angin Terjun / Angin Jatuh)
Angin fohn adalah angin yang bertiup pada suatu wilayah dengan temperatur dan kelengasan yang berbeda. Angin fohn terjadi karena ada gerakan massa udara yang naik pegunungan yang tingginya lebih dari 200 meter di satu sisi lalu turun di sisi lain. Biasanya angin ini bersifat panas merusak dan dapat menimbulkan korban. Tanaman yang terkena angin ini bisa mati dan manusia yang terkena angin ini bisa turun daya tahan tubuhnya terhada serangan penyakit. Angin Jatuh atau Angin Terjun punya banyak nama : Angin gending di Jawa Timur- Angin bahorok di Sumatera Utara- Angin barubu / Brubu di Sulawesi Selatan- Angin kumbang di Jawa Barat- Angin wambrau di Papua / Irian Jaya
4.      Curah hujan adalah banyaknya hujan yang jatuh di suatu daerah pada waktu tertentu. Curah hujan di Indonesia umumnya tergolong tinggi. Daerah-daerah yang memiliki curah hujan tinggi antara lain : Bogor, Ciater, Wonosobo dan Sibolga.

Di Indonesia dikenal 3 iklim, yaitu :
1.      Iklim tropis dialami oleh negara-negara di sekitar garis khatulistiwa. Indonesia beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah panas dan curah hujan tinggi sepanjang tahun.
2.      Iklim musim terjadi karena angin musim barat dan angin musim timur. Akibatnya, di Indonesia dikenal 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim kemarau terjadi antara bulan April sampai Oktober.
3.      Karena sekitar 70 % wilayah Indonesia berupa perairan, maka Indonesia memiliki iklim laut. Ciri-ciri iklim laut antara lain udara sering berawan, basah, suhu udara sedang, dan memiliki curaah hujan yang tinggi.
Dampak perubahan cuaca dan iklim terhadap aktivitas manusia, yaitu :
a.        Pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang pertanian
Para petani padi biasanya menanam padi pada musim penghujan, sedangkan pada musim kemarau mereka menanam palawija.
b.        Pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang perikanan
Aktivitas para pelaut dan nelayan sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Para nelayan biasanya pergi ke laut pada sore hari atau malam hari dengan memanfaatkan angin darat. Pada saat kembali ke darat pada siang hari, mereka memanfaatkan angin laut.
c.         Pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang perindustrian
Kondisi cuaca sangat penting bagi beberapa bidang industri, seperti pembuatan garam, pembuatan kerupuk, serta pembuatan batu bata dan genting mengandalkan sinar matahari.
d.        Pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang perhubungan
Kondisi cuaca sangat mempengaruhi kegiatan penerbangan dan pelayaran. Cuaca buruk seperti angin kencang, awan tebal dan hujan lebat dapat menggganggu pesawat yang terbang. Angin kencang dan gelombang tinggi juga mengganggu pelayaran.

e.         Pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang pariwisata
Kondisi cuaca sangat berpengaruh pada kegiatan pariwisata. Contoh seperti para wisatawan  tidak dapat berjemur di tepi pantai apabila hujan turun. Aktivitas wisatawan lainnya seperti selancar yang juga baik dilakukan pada saat kondisi laut tidak terjadi badai atau angin kencang.  

III.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.    Kegiatan pendahuluan (10 menit)
1.    Menyiapkan secara fisik dan psikis
v  Salah satu siswa dimohon menyiapkan teman-temannya untuk diajak berdoa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
v  Guru melakukan persensi siswa.
2.    Mengajukan pertanyaan-pertanyaan appersepsi
v  Siswa diberikan apersepsi mengenai cuaca dan iklim di Indonesia.
v  Guru bertanya kepada siswa tentang cuaca yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung.
v  Guru menjelaskan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini.
B.     Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Eksplorasi
a.       Melibatkan siswa mencari informasi tentang topik / tema secara luas
v Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi cuaca dan iklim.
v Siswa diminta untuk menjelaskan keadaan cuaca di wilayah Indonesia..
b.      Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber lain
v  Secara berkelompok, siswa diminta untuk memperhatikan gambar yang sudah dipersiapkan oleh guru yang berkaitan dengan keadaan cuaca dan iklim di Indonesia, misalnya tentang cuaca di kota Salatiga hari ini.
c.       Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta  antar peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
v Guru meminta setiap kelompok menyebutkan ciri – ciri cuaca dan iklim secara bergantian.
d.      Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
v Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan pendapatnya terhadap materi yang didiskusikan dan mengajukan pertanyaan tentang materi yang kurang dipahami.

2.      Elaborasi
a.          Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam
v    Siswa dapat menyimpulkan perbedaan cuaca dan iklim
b.         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain.
v  Siswa membuat beberapa soal beserta kunci jawaban berdasarkan materi yang telah didiskusikan
c.         Memberi kesempatan berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak
v  Siswa dipersilahkan untuk berdiskusi dengan kelompoknya dalam pembuatan soal. Kemudian guru mengamati keaktifan siswa dalam kerja kelompok (lembar pengamatan terlampir).
d.         Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
v  Siswa diminta untuk selalu bekerja sama antar sesama anggota kelompok dalam pembuatan soal dan kunci jawaban sesuai dengan tugas yang diberikan.
e.          Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
v  Siswa diminta untuk bersifat sportif, tidak mengganggu kelompok lain saat pengerjaan tugas.
v  Siswa menukarkan soal yang telah dibuat dengan kelompok lain, dan mencoba mengerjakan soal dari kelompok lain dengan baik.
f.           Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja secara individu / kelompok
v  Setiap kelompok mengerjakan soal yang telah ditukar dengan kelompok lainnya.
v  Setiap kelompok mengevaluasi pengerjaan soal yang dikerjakan kelompok lain sesuai dengan kunci jawaban yang telah dibuat.
v  Setiap kelompok menyebutkan hasil pengerjaan soal oleh kelompok lain, dan menyebutkan jawaban yang tepat sesuai dengan kunci jawaban yang telah dibuat oleh masing – masing kelompok untuk soal yang dijawab salah.
g.         Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi baik individu / kelompok
v  Secara kelompok siswa diminta membuat laporan kesimpulan tentang cuaca dan iklim, sesuai dengan diskusi kelompok yang telah dilakukan dan berdasarkan soal yang dibuat oleh kelompok dan kelompok lainnya.
h.         Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menimbulkan kebahagiaan dan percaya diri
v  Guru memberi motivasi pada siswa agar bangga dan selalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.
v  Guru memberi motivasi siswa agar percaya diri untuk menyampaikan pendapatnya dalam kelompok.
3.      Konfirmasi
a.         Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, hadiah atas keberhasilan siswa.
v  Guru memberikan ucapan selamat kepada kelompok yang berhasil memperoleh nilai paling tinggi dalam kegiatan pengerjaan soal kelompok lain dan memberi semangat pada kelompok lain yang nilainya belum maksimal.
b.         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa
v  Guru dan siswa sama – sama menegaskan dan menyimpulkan tentang cuaca dan iklim, ciri dan perbedaannya, serta dampak perubahan cuaca dan iklim terhadap aktivitas manusia.
c.         Memfasiliatasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang dilakukan
v  Guru memberi pertanyaan kepada siswa, mengapa kelompok...hasilnya baik dan kelompok...hasilnya kurang baik. kemudian siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan penyebabnya, sehingga kelompok yang kurang baik dapat memperbaiki kekurangannya pada pembelajaran yang berikutnya.
v  Siswa diminta memberi pendapat tetntang proses pembelajaran yang telah dilakukan. Apa sajakah kekurangan dari pembelajaran tersebut sehingga guru dapat menginstrospeksi proses pembelajaran agar lebih baik lagi pada pengajaran yang berikutnya.
d.        Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
v  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal – hal yang belum dipahami tentang cuaca dan iklim.
v  Guru membantu persoalan / kesulitan yang dihadapi siswa terutama tentang cuaca dan iklim.
v  Siswa diberi motivasi agar tidak pasif dan lebih percaya diri dalam mengungkapkan pendapatnya pada kegiatan belajar mengajar.
C.     Kegiatan Penutup ( 20 menit )
1.      Bersama – sama dengan siswa / sendiri membuat rangkuman
v  Guru bersama – sama dengan siswa membuat rangkuman tentang cuaca dan iklim serta dampak perubahannya pada aktivitas manusia.
2.      Melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
v  Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
v  Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4.      Merencanakan tindak lanjut dalam kegiatan remidi, perbaikan, pengayaan, memberikan tugas individu / sesuai hasil belajar siswa
v  Bagi siswa yang belum mencapai KKM wajib mengikuti perbaikan, sedangkan bagi siswa yang sudah mencapai KKM mengerjakan pengayaan.
IV.        ALAT DAN SUMBER BAHAN
1.              Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD / MI kelas 5
2.              Buku Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar Kelas 5
3.              Gambar – gambar tentang cuaca dan iklim atau video pembelajaran.
V.           PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian dalam proses (pengamatan)
b.      Klasikal Post Test
2.      Jenis Tes
a.       Unjuk Kerja
b.      Tes tertulis
3.      Bentuk Tes
a.       Pilihan ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
1.      Keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu, merupakan pengertian dari ....
a. Iklim        b. Cuaca         c. Musim        d. Atmosfer
2.      Bulan yang termasuk dalam musim penghujan adalah bulan...
a. Juli           b. Agustus       c.  Januari        e.  Juni
3.      Berikut ini adalah unsur – unsur cuaca yang sering diamati dan diukur, kecuali...
a.    Angin       b. Curah hujan             c. Suhu udara              d.  Besar Bumi
4.      Anemometer adalah alat untuk mengukur...
a.    Arah dan kecepatan angin
b.    Curah hujan di suatu daerah
c.    Suhu udara
d.   Kelembaban udara di tempat tinggi
5.      Jenis angin yang bertiup pada malam hari adalah angin...
a.    darat dan angin laut                   c. gunung dan angin lembah
b.    darat dan angin gunung             d. musim barat dan musim timur
6.      Angin gending terjadi di daerah...
a.       Pasuruan                                    c. Bohorok
b.      Cirebon                                      d. Makasar
7.      Pekerjaan yang sangat dipengaruhi oleh curah hujan adalah...
a.    bertani                                        c. pegawai
b.    nelayan                                       d. buruh
8.      Angin yang sifatnya kering dan panas adalah angin...
a.      gunung                                       c. lembah
b.     fohn                                            d. darat
9.      Rata – rata cuaca dari suatu daerah yang luas dan diperhitungkan dalam rentang waktu yang lama merupakan pengertian dari...
a.      cuaca                                          c. curah hujan
b.     suhu udara                                  d. iklim
10.  1.  Udara sering berawan                 4. Suhu udara sedang
2.    Curah hujan rendah                    5. Curah hujan tinggi
3.    Panas                                          6. Angin kencang
Yang merupakan ciri – ciri dari iklim laut antara lain nomor...
a.    2, 5, 6                                         c. 2, 6, 4
b.    1, 4, 5                                         d. 1, 5, 6
11.  Panas dan curah hujan tinggi sepanjang tahun merupakan ciri dari iklim..
a.      tropis                                          c. panas
b.     musim                                         d. laut
12.  Berdasarkan arah bertiupnya, angin dapat dibedakan menjadi 3, yaitu angin musim, angin lokal, dan angin fohn. Berikut ini adalah yang termasuk ke dalam angin lokal, kecuali angin...
a.      darat                                           c. lembah
b.     gunung                                       d. fohn
13.  Daerah di Indonesia yang memiliki curah hujan rendah adalah...
a.      Bogor                                         c. Palu
b.     Wonosobo                                  d. Sibolga
14.  Pakaian yang sesuai untuk daerah tropis adalah pakaian yang berbahan...
a.      katun                                          c. tipis
b.     wol                                             d. satin
15.  Industri yang sangat tergantung pada cahaya matahari adalah industri pembuatan...
a.      alat transportasi                          c. elektronik
b.     kerupuk                                      d. pakaian

b.      Isian singkat
Isilah titik – titik di bawah ini !
1.      Udara yang bergerak disebut ....
2.      keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu, disebut ....
3.      Musim kemarau terjadi antara bulan ... sampai ....
4.      Kondisi cuaca sangat penting bagi industri pembuatan kerupuk, pembuatan garam, serta pembuatan batu bata yang mengandalkan sinar matahari, hal ini merupakan pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang ....
5.       Angin yang bertiup dari laut ke darat disebut angin... dan terjadi pada....
6.      Alat untuk mengukur kecepatan angin adalah....
7.      Banyaknya hujan yang terjadi di suatu daerah pada waktu tertentu disebut....
8.      Pekerjaan yang sangat dipengaruhi oleh angin adalah....
9.      Iklim yang sifatnya panas dan curah hujan tinggi sepanjang tahun adalah....
10.  Termometer adalah alat untuk mengukur...
c.       Uraian
Jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut ini !

1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan cuaca dan iklim!
2.      Sebut dan jelaskan unsur-unsur apa saja yang dapat mempengaruhi cuaca dan iklim!
3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan angin gunung!
4.      Jelaskan apa perbedaan cuaca dan iklim!
5.      Sebutkan pengaruh cuaca dan iklim di bidang pertanian!





4.    Kunci Jawaban
a.       Pilihan Ganda
1.      B                   6.  A                11. A
2.      C                   7.  A                12. D
3.      D                   8.  B                13. C
4.      A                   9.  D                14. A
5.      B                   10. B               15. B

b.      Isian Singkat
1.      Angin
2.      Cuaca
3.      Maret sampai September
4.      Industri
5.      Angin laut, terjadi pada siang hari
6.      Anemometer
7.      Curah hujan
8.      Nelayan
9.      Tropis
10.   Suhu udara
c.       Uraian
1.      -    Cuaca adalah keadaan suhu udara, tekanan udara, curah hujan, angin, sinar matahari pada waktu dan tempat tertentu.
-       Iklim adalah keadaan rata – rata cuaca di suatu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama.
2.      Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang dikandung udara.
Suhu udara adalah panas dan dinginnya udara. Suhu udara dapat diukur dengan termometer.
Angin adalah udara yang bergerak. Angin bergerak dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.
Curah hujan adalah banyaknya air hujan yang jatuh di suatu daerah pada waktu tertentu. Curah hujan di wilayah Indonesia umumnya tergolong tinggi.
3.      Angin gunung adalah angin yang bertiup dari puncak gunung menuju kaki gunung. Angin gunung terjadi pada malam hari karena pada malam hari, udara di puncak gunung memiliki tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan udara di kaki gunung.
4.      Perbedaan cuaca dan iklim adalah
No.
Pembeda
Cuaca
Iklim
1.
Jangka waktu
Pendek (hari/jam)
Panjang hingga ratusan tahun
2.
Daerah cakupan
Daerah cakupannya sempit
Daerah cakupannya luas
3.
Perubahan
Sering berubah-ubah secara cepat
Sangat jarang terjadi perubahan

5.      Pengaruh cuaca dan iklim di bidang pertanian antara lain para petani padi biasanya menanam padi pada musim penghujan, sedangkan pada musim kemarau mereka menanam palawija.
5.        Pedoman Penilaian
-       Pilihan ganda = B x 1 = 15
-       Isian singkat  = B x 2  = 20
-       Uraian            = B x 5  = 25
N = 15 + 20 + 25 = 60 : 6 = 10 x 10 = 100

VI.        TINDAK LANJUT
1.        Perbaikan
Jawablah soal di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1.      Sebutkan ciri – ciri cuaca !
2.      Jelaskan pengaruh cuaca dan iklim dalam bidang pariwisata !
3.      Sebutkan 2 macam angin musim di Indonesia !
2.        Pengayaan
1.      Sebutkan 5 macam angin fohn dan tempat terjadinya di Indonesia !
2.      Mengapa Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis ?
3.      Jelaskan terjadinya angin lembah !




LEMBAR PENGAMATAN
Bentuk Penilaian         : Unjuk Kerja
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar       : 1.3
Kelas / semester          : V / 1
Hari / Tanggal             :
NO
Nama
Aspek Yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keberanian
Inisiatif
Kerjasama
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28






29






30








Indikator Penilaian :
5 = baik sekali
4 = baik
3 = cukup
2 = kurang
1 = kurang sekali

Nilai =  x 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar