TUGAS STRATEGI PEMBELAJARAN SD
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
IPA KELAS V SD
Disusun
Oleh :
Dewi Setianingsih 292010082
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : ………………………
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam (IPA)
Kelas
/ Semester : V / II
Materi
Pokok : Sifat-Sifat Cahaya
Waktu
: 2 X
45 menit (1 kali pertemuan)
Model : Cooperative Learning
(Investigation Group)
Pendekatan : Pendekatan Proses
Strategi : strategi pembelajaran
deduktif
Metode : Demonstrasi,
Eksperimen, Diskusi
A.
Standar
Kompetensi :
6.
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya
B.
Kompetensi
Dasar :
6.1
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.
Indikator :
· Mendemonstrasikan sifat
cahaya yang mengenai berbagai benda (benda bening dan berwarna)
D.
Tujuan
Pembelajaran :
· Setelah mendengarkan
penjelasan guru, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya.
·
Setelah mempelajari bab
ini, siswa mampu melakukan percobaan sifat-sifat cahaya dengan tepat.
·
Setelah mempelajari bab
ini, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dari percobaan yang telah
dilakukan.
E.
Karakter
Siswa yang Diharapkan :
- Disiplin, Rasa hormat
dan perhatian, tekun, tanggung jawab, kerjasama dan ketelitian.
F.
Materi
Cahaya
Cahaya
mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Benda-benda yang dapat
memancarkan cahaya disebut sebagai sumber cahaya. Contoh sumber cahaya :
matahari, lampu, lilin yang menyala dan senter. Sebuah benda dapat dilihat
karena ada cahaya yang memancar dan dipantulkan dari benda tersebut.
Cahaya memiliki
sifat-sifat khusus yaitu merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan
dan dapat dipantulkan.
1.
Cahaya
merambat lurus
Cahaya
merambat mengikuti garis lurus. Cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela
akan mengikuti garis lurus. Sifat cahaya yang merambat lurus ini, kemudian
dimanfaatkan oleh manusia dengan menerapkan prinsip pada lampu senter dan lampu
kendaraan bermotor.
2.
Cahaya
menembus benda bening
Jendela
rumah atau perkantoran dirancang khusus dengan menggunakan kaca yang bersifat
bening. Hal ii bertujuan agar cahaya matahari tetap dapat masuk ke dalam
ruangan karena kaca yang bening dapat di tembus oleh cahaya matahari. Jika kaca-kaca
tersebut ditutup dengan menggunakan bahan yang tidak tembus cahaya seperti
karton atau triplek, maka cahaya tidak akan mampu untuk menembusnya dan
akibatnya ruangan akan menjadi gelap.
Pembuktian cahaya
menembus benda bening
Alat dan bahan
: 2 Botol bening, air, tanah, senter, karton hitam.
Cara kerja :
- Isi masing-masing botol
bening dengan air
-
Masukkan tanah pada
salah satu botol ening yang berisi air
- Sorotkan lampu senter
pada botol bening berisi air saja
- Gunakan karton hitam,
posisikan lurus dengan arah senter.
- Amati, dan lakukan
percobaan yang sama pada botol bening berisi air keruh.
3.
Cahaya
dapat dibiaskan
4.
Cahaya
dapat dipantulkan
G.
Media
Belajar
-
Buku SAINS SD Relevan
Kelas V
-
Asturo warna hitam,
lampu senter, dua botol bening, air jernih, tanah
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan
1. Pendahuluan
(10 menit)
Ø Guru
menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi yang diharapkan
Ø Guru
memberi apersepsi tentang cahaya, dengan memberi perttanyaan-pertanyaan seperti
: “Dapatkah kamu melihat benda-benda di sekelilingmu dalam keadaan gelap? Apa
yang terjadi jika ruangan di sekitarmu gelap?
2. Kegiatan
Inti
v Eksplorasi
(20 menit)
-
Guru mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan sumber cahaya.
-
Siswa diminta untuk
membentuk kelompok 3-4 orang
- Siswa melakukan percobaan
untuk membuktikan sifat-sifat cahaya secara berkelompok.
v Elaborasi
(15 menit)
-
Siswa bekerjasama dalam
melakukan eksperimen
-
Siswa berkelompok
mendiskusikan hasil eksperimen
v Konfirmasi
(10 menit)
- Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang kurang dimengerti.
- Guru bertanya jawab
dengan masing-masing kelompok tentang hasil percobaan/ eksperimen pembuktian
sifat-sifat cahaya.
- Guru bersama siswa
bertanya jawab untuk meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan percobaan yang telah siswa lakukan.
3. Penutup
- Memberikan kesimpulan
bahwa : Berkas cahaya merambat lurus, cahaya dapat menembus benda-benda bening.
- Siswa membuat laporan
penelitian/eksperimen secara individu
- Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi secara individu
- Guru menganalisis hasil
evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
I.
Penilaian
- Teknik
Penilaian
a. Penilaian
dalam proses (pengamatan)
b. Klasikal
post test
- Jenis
Tes
a. Unjuk
kerja
b. Tes
tertulis
- Bentuk
Tes
a. Uraian
Soal
1. Sebutkan
3 benda yang dapat menjadi sumber cahaya!
2. Sebutkan
sifat-sifat cahaya!
3. Berilah contoh bahwa cahaya
merambat lurus!
4. Buktikan
bahwa cahaya memiliki sifat menembus benda bening?
5. Mengapa
kita tidak dapat melihat benda disekeliling kita, jika kita berada di ruangan
gelap?
Jawaban
1.
Matahari, Lampu,
Lilin yang menyala
2.
Cahaya merambat
lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, cahaya dapat
dipantulkan
3.
Saat cahaya
merambat melalui celah jendela, cahaya merambat lurus, lampu kendaraan bemotor
yang mrnyala
4.
Saat senter
diarahkan pada botol yang berisi air bening cahaya terlihat pada karton hitam,
ini berarti cahaya menembus benda bening
5.
Karena tidak ada
cahaya yang dipantulkan benda, sehingga mata kita tidak dapat melihat jika kita
berada di ruangan yang gelap.
Format Laporan
Pengamatan
No
|
Benda
|
Tembus
|
Tidak Tembus
|
1
|
Botol berisi air jernih
|
|
|
2
|
Botol beisi air keruh
|
|
|
Format Kriteria Penilaian
o Hasil Diskusi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
- Semua
benar
- Sebagian
besar benar
- Sebagian
kecil benar
- Salah
semua
|
4
3
2
1
|
o Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Pengetahuan
|
-
Pengetahuan
-
Kadang-kadang
pengetahuan
-
Tidak pengetahuan
|
4
2
1
|
2
|
Praktek
|
-
Aktif praktek
-
Kadang-kadang aktif
-
Tidak aktif
|
4
2
1
|
3
|
Sikap
|
-
Sikap aktif
-
Sikap kadang aktif
-
Sikap tidak aktif
|
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan
:
Nilai
= (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10
............................,
..........................................20...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel IPA
NIP : NIP :
Bagus sekali, ijin nyuplik ya...
BalasHapussilahkan pak, semoga bermanfaat.
BalasHapus