Selamat Datang di Blog dsetianingsih.blogspot.com

Semoga apa yang saya posttingkan dapat bermanfaat untuk Anda semuanya,,, :)

Senin, 12 Maret 2012

RPP basis EEK (Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi)



TUGAS STRATEGI PEMBELAJARAN SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
IPA KELAS V SD



Disusun Oleh :
Dewi Setianingsih 292010082


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : ………………………
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester          : V / II
Materi Pokok              : Sifat-Sifat Cahaya
Waktu                                     : 2 X 45 menit (1 kali pertemuan)
Model                          : Cooperative Learning (Investigation Group)
Pendekatan                 : Pendekatan Proses
Strategi                        : strategi pembelajaran deduktif
Metode                        : Demonstrasi, Eksperimen, Diskusi

A.    Standar Kompetensi       :
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya
B.     Kompetensi Dasar           :
6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
C.    Indikator                          :
·    Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (benda bening dan berwarna)
D.    Tujuan Pembelajaran     :
·   Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menyebutkan sifat-sifat cahaya.
· Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu melakukan percobaan sifat-sifat cahaya dengan tepat.
· Setelah mempelajari bab ini, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dari percobaan yang telah dilakukan.
E.     Karakter Siswa yang Diharapkan :
-  Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, kerjasama dan ketelitian.
F.   Materi
Cahaya
Cahaya mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. Benda-benda yang dapat memancarkan cahaya disebut sebagai sumber cahaya. Contoh sumber cahaya : matahari, lampu, lilin yang menyala dan senter. Sebuah benda dapat dilihat karena ada cahaya yang memancar dan dipantulkan dari benda tersebut.
Cahaya memiliki sifat-sifat khusus yaitu merambat lurus, menembus benda bening, dapat dibiaskan dan dapat dipantulkan.
1.      Cahaya merambat lurus
Cahaya merambat mengikuti garis lurus. Cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela akan mengikuti garis lurus. Sifat cahaya yang merambat lurus ini, kemudian dimanfaatkan oleh manusia dengan menerapkan prinsip pada lampu senter dan lampu kendaraan bermotor.
2.      Cahaya menembus benda bening
Jendela rumah atau perkantoran dirancang khusus dengan menggunakan kaca yang bersifat bening. Hal ii bertujuan agar cahaya matahari tetap dapat masuk ke dalam ruangan karena kaca yang bening dapat di tembus oleh cahaya matahari. Jika kaca-kaca tersebut ditutup dengan menggunakan bahan yang tidak tembus cahaya seperti karton atau triplek, maka cahaya tidak akan mampu untuk menembusnya dan akibatnya ruangan akan menjadi gelap.
Pembuktian cahaya menembus benda bening
Alat dan bahan : 2 Botol bening, air, tanah, senter, karton hitam.
Cara kerja :
-  Isi masing-masing botol bening dengan air
-  Masukkan tanah pada salah satu botol ening yang berisi air
-  Sorotkan lampu senter pada botol bening berisi air saja
-  Gunakan karton hitam, posisikan lurus dengan arah senter.
-  Amati, dan lakukan percobaan yang sama pada botol bening berisi air keruh.
3.      Cahaya dapat dibiaskan
4.      Cahaya dapat dipantulkan
G.    Media Belajar
-          Buku SAINS SD Relevan Kelas V
-          Asturo warna hitam, lampu senter, dua botol bening, air jernih, tanah
H.    Langkah-Langkah Kegiatan
1.      Pendahuluan (10 menit)
Ø  Guru menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi yang diharapkan
Ø Guru memberi apersepsi tentang cahaya, dengan memberi perttanyaan-pertanyaan seperti : “Dapatkah kamu melihat benda-benda di sekelilingmu dalam keadaan gelap? Apa yang terjadi jika ruangan di sekitarmu gelap?
2.      Kegiatan Inti
v Eksplorasi (20 menit)
-          Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sumber cahaya.
-          Siswa diminta untuk membentuk kelompok 3-4 orang
-       Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat cahaya secara berkelompok.
v Elaborasi (15 menit)
-          Siswa bekerjasama dalam melakukan eksperimen
-          Siswa berkelompok mendiskusikan hasil eksperimen
v Konfirmasi (10 menit)
-   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang kurang dimengerti.
- Guru bertanya jawab dengan masing-masing kelompok tentang hasil percobaan/ eksperimen pembuktian sifat-sifat cahaya.
-    Guru bersama siswa bertanya jawab untuk meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan percobaan yang telah siswa lakukan.
3.      Penutup
-   Memberikan kesimpulan bahwa : Berkas cahaya merambat lurus, cahaya dapat menembus benda-benda bening.
-      Siswa membuat laporan penelitian/eksperimen secara individu
-      Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi secara individu
-   Guru menganalisis hasil evaluasi sebagai umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
I.     Penilaian
-     Teknik Penilaian
a.   Penilaian dalam proses (pengamatan)
b.   Klasikal post test
-     Jenis Tes
a.       Unjuk kerja
b.      Tes tertulis
-     Bentuk Tes
a.       Uraian
Soal
1.      Sebutkan 3 benda yang dapat menjadi sumber cahaya!
2.      Sebutkan sifat-sifat cahaya!
3.      Berilah contoh bahwa cahaya merambat lurus!
4.      Buktikan bahwa cahaya memiliki sifat menembus benda bening?
5.      Mengapa kita tidak dapat melihat benda disekeliling kita, jika kita berada di ruangan gelap?
Jawaban
1.      Matahari, Lampu, Lilin yang menyala
2.      Cahaya merambat lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, cahaya dapat dipantulkan
3.      Saat cahaya merambat melalui celah jendela, cahaya merambat lurus, lampu kendaraan bemotor yang mrnyala
4.      Saat senter diarahkan pada botol yang berisi air bening cahaya terlihat pada karton hitam, ini berarti cahaya menembus benda bening
5.      Karena tidak ada cahaya yang dipantulkan benda, sehingga mata kita tidak dapat melihat jika kita berada di ruangan yang gelap.
Format Laporan Pengamatan
No
Benda
Tembus
Tidak Tembus
1
Botol berisi air jernih


2
Botol beisi air keruh



Format Kriteria Penilaian
o   Hasil Diskusi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
-       Semua benar
-       Sebagian besar benar
-       Sebagian kecil benar
-       Salah semua
4
3
2
1

o   Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1
Pengetahuan
-          Pengetahuan
-          Kadang-kadang pengetahuan
-          Tidak pengetahuan
4
2
1
2
Praktek
-          Aktif praktek
-          Kadang-kadang aktif
-          Tidak aktif
4
2
1
3
Sikap
-          Sikap aktif
-          Sikap kadang aktif
-          Sikap tidak aktif

4
2
1

Lembar Penilaian
No.
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1







2







3







4







5







6








Catatan :
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10
............................, ..........................................20...
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel IPA

NIP :                                                                                  NIP :                                      

2 komentar: